Minggu, 26 Juni 2011

Menjamah Lahan Basah Bernama Google Adsense

Pelajarnu-Malangkab. Salah satu tujuan lain dari pembuatan blog resmi Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Malang selain sebagai media komunikasi adalah mencoba peruntungan dengan menjadi publisher dari agen Iklan terbesar jagad ini yaitu Google. Inc. Google Adsense (GA) adalah program penayangan iklan yang diluncurkan Google sejak maret 2003. 


Meski demikian, beberapa persyaratan yang ditentukan oleh Google juga tidak begitu sulit. Sebagai syarat utamanya adalah untuk pendaftarannya harus sudah memiliki website ataupun blog yang berbahasa asing, karena bahasa Indonesia belum disupport untuk program ini. Dan ketika pendaftaran akun adsense kita telah disetujui, maka secara otomatis kita sudah bisa memasang iklan adsense di website atau blog yang kita miliki. 


Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Malang beberapa waktu yang lalu juga telah mendaftar untuk memiliki akun adsense. Dari pendaftaran yang telah dilakukan kemarin masih harus menunggu keputusan diterima atau tidaknya maksimal selama satu minggu. Jika dilihat dari beberapa persyaratan mendaftar, memang ada beberapa persyaratan yang belum begitu memenuhi, yaitu top level domain harus sudah berumur lebih kurang 6 bulan. dan juga blog yang didaftarkan harus berbahasa asing. Adapaun persyaratan utama pendaftaran GA adalah sebagai berikut:

  1. Website atau blog Anda harus sebagai top-level domain (contoh: www.pelajarnu-malangkab.net dan bukan www.pelajarnu-malangkab.net/mysite).
  2. Domain Anda harus telah terdaftar dan aktif selama minimal 6 bulan, sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense.
  3. Anda harus memberikan informasi pribadi yang akurat dengan aplikasi Anda yang cocok dengan informasi tentang pendaftaran domain Anda.
  4. Website Anda harus berisi substansial, konten asli.

Adapun Istilah-istilah yang ada dalam GA angara lain: :
1. Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dengan Google Adsense dan telah memasang iklan Adsense di blog atau websitenya.

2. Ad Units
Ad Units merupakan salah satu jenis iklan Adsense. Ad Units ini terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis Text Ads. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka, jika valid, publisher akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

3. Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui pada beberapa website. Yang membedakan Link Unitsdengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung meng-klik salah satu Ad Units yang ada di halaman tersebut. Pada praktiknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

4. Adsense for Content
Adsense for Content adalah iklan Adsense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep contextual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense for Content ini.

5. Adsense for Search
Selain memasang iklan, publisher Adsense juga dapat memasang form search box di situs mereka. Form ini dinamakan Adsense for Search. Apabila ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju helaman hasil pencarian yang bersangkutan. Sama halnya dengan Link Units, publisherakan mendapat pemasukan apabila salah satu iklan yang ada di halaman tersebut diklik.

6. Alternate Ads
Pada Adsense for Content, iklan tidak selalu muncul. Hal ini disebabkan antara lain karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA(Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika di klik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.

Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan Anda untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah di-setting dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, maka yang muncul adalah iklan alternatif yang ter-setting di dalamnya.

7. Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, danAdsense for Search. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisaperfomance Adsense mereka.

8. Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitasAd Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

9. Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan Adsense,publisher dapat melihat total klik yang telah didapatkan.

10. CTR (Clickthrough rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Unitsdengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali akan memiliki nilai CTR 25% (10:40).

11. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk perfomance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yang ditawarkan pemasang iklan.

12. eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatanpublisher dengan jumlah page impression (per 1000) yang didapatkan dari iklan-iklan yang muncul. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000impression
 akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Dan Komentar Rekan-Rekanita Sekalian.